Damai di Pantai Laskar Pelangi

Baru saja berakhir, hujan di sore ini

Menyisakan keajaiban, kilauan indah pelangi

Tak pernah terlewatkan, dan tetap mengaguminya

Kesempatan seperti ini, takkan bisa dibeli

(Lagu Sahabat Kecil by Ipang)

Lagu tersebut langsung berkumandang halus di telinga. Tempat itu terlalu iconic! Sulit dipisahkan dengan memori orang yang sudah menonton film Laskar Pelangi. Lagu Sahabat Kecil yang menjadi soundtrack film itu seakan turut mengiringi suara lembut debur ombak disana.

Pantai Tanjung Tinggi seketika membuatku relaks. Di tengah hiruk pikuk pekerjaan dalam waktu yang singkat di Belitung, aku sempatkan sejenak kesana.

Perpaduan warna biru muda langit dan hijau tosca air sungguh menenangkan. Pasir putih dengan ratusan bebatuan granit raksasa menjadi pemandang yang tak biasa. Suara ombak yang tenang membawa gelombang frekuensi meditatif. Damai! I’m not saying too much. Itulah rasa yang mendadak muncul ketika berada disana.

Pantai yang sering disebut juga sebagai Pantai Laskar Pelangi ini terletak diantara tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Letaknya sekitaran 30 km-an dari pusat kota Tanjung Pandan.

Pengunjung bisa menikmati area wisata seluas 80 hektar ini dari sekedar bermain airnya yang jernih atau menyewa perahu untuk berkeliling. Berjalan atau berlarian di sela bebatuan raksasa seperti dalam scene Laskar Pelangi juga menjadi pengalaman unik.

Geliat wisata juga menumbuhkan kegiatan ekonomi masyarakat. Beberapa warga lokal menjual berbagai souvenir dari kaos hingga gantungan kunci atau hiasan rumah berbahan cangkang-cangkang kerang yang sudah mati. Jangan lupa juga souvenir khas batu akik.

Beberapa warung juga tersedia disana. Minum air kelapa muda langsung dari batoknya sepertinya wajib dilakukan agar semakin terasa wisata tropisnya.

Semoga kedamaian pantai ini tetap terjaga meskipun wisatawan semakin banyak seiring semakin mudahnya akses kesana dan banyaknya hotel yang dibangun di dekatnya… dan semoga bisa terus bersenandung lagu tadi..

Janganlah berganti

Janganlah berganti

Tetaplah seperti ini

– 13 Juli 2018 –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s