Nge-Lontong Gule di Bekasi

Mumpung saat itu libur Idul Adha 2017, setelah sholat Eid, aku berniat untuk eksplor kuliner otentik di Bekasi. Nggak pakai rekomendasi, hanya muter-muter jalan saja siapa tahu ketemu tempat makan yang ramai. Kalau ramai siapa tahu enak.

Saat melintas di area Danau Duta Harapan Bekasi, aku melihat ada warung sederhana yang ramai banget. Ternyata itu adalah Warung Lontong Gule Mbah Tedjo. Karena penasaran dan kebetulan selama di Jakarta juga belum pernah makan lontong gule, akhirnya landinglah aku disana.

Suasana di dalam warung pun sangat sederhana, tapi justru menambah kesan otentik tempat ini. Menunya hanya lontong gule. Cuma bisa milih pakai daging ayam, daging sapi, telur ayam, atau iga.

Lontong gule disajikan dengan potongan ketupat berukuran besar, potongan nangka yang dimasak bareng gule, dan kerupuk merah. Soal rasa, buatku ini enak banget. Terlebih kalau ditambah sambal yang kayaknya juga dibumbui khusus, nggak sekedar cabe.

Rasanya cenderung manis. Nah, ini juga cocok sama lidah Soloku. Jadinya bisa sedikit bawa kenangan lebaran di Solo yang selalu dilengkapi dengan menu andalan mama yaitu lontong opor dan sambel goreng.

Ketika coba balik balik kerja kesana, warungnya selalu tutup. Ternyata bukanya cuma pagi sampai siang saja. Jadi kesempatan makan lagi disana cuma pas Sabtu atau Minggu saja.

Untungnya pas bulan Ramadhan yang lalu, warung ini selalu buka menjelang waktu berbuka puasa. Jadi bisa sebagai alternatif untuk menu berbuka puasa.

– 2 Februari 2019 –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s