Nuansa Pagi Tawangmangu

Liburan akhir tahun 2013, kami sekeluarga memutuskan untuk berlibur di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Kami menyewa sebuah penginapan sederhana yang dikelola oleh teman mama. Kami pun menginap semalam disana.

Tawangmangu merupakan lokasi wisata klasik di lereng Gunung Lawu yang mulai dikenal sejak zaman Hindia Belanda. Lokasinya yang bisa ditempuh sekitar satu jam dari Kota Solo, menjadi daya tarik untuk warga Solo maupun wisatawan untuk menjelajah kesana.

Tawangmangu yang berudara yang sejuk dan segar dikenal dengan banyaknya pilihan wisata. Dari yang legendaris yaitu air terjun Grojogan Sewu hingga area wisata yang mulai berkembang seperti Bumi Perkemahan Sekipan.

Memulai pagi, aku dan papa ingin berjalan santai berkeliling sekitar penginapan, sambil menunggu rombongan keluarga yang lain mandi dan beberes. Rencananya kalau sudah ready semua, kami akan pergi ke Grojogan Sewu.

Saat itu waktu menujukkan waktu pukul enam pagi. Jalanan masih sepi, namun sudah terasa hiruk pikuk penduduk lokal yang telah memulai harinya. Ada penjual buah yang mulai menyiapkan dagangannya dan ada peternak sapi rumahan yang mulai mengumpulkan rumput untuk pakan ternaknya. Ada pula yang mengumpulkan ranting-ranting untuk digunakan sebagai kayu bakar memasak di rumah.

Jalan pagi disini ternyata sangat menyenangkan. Dengan latar belakang pemandangan Gunung Lawu, nuansa pagi di Tawangmamu sangat indah. Setiap melangkah, warna hijau pepohonan selalu menyertai.

Kami juga melihat beberapa villa. Villa-villa disini sangat beragam yang menunjukkan Tawangmangu semakin berkembang. Dari yang sederhana sampai mewah, dari yang berdesain biasa hingga eksentrik, sampai dari yang terurus hingga terbengkalai.

Setelah sekitar satu setengah jam kami berjalan, kami pun memutuskan untuk kembali ke penginapan. Rasanya segar bugar setelah berkeliling. Udara segar dan pemandangan hijau membuat hati kami bahagia dengan sederhanan; sebahagia hati kami bersiap untuk sarapan rumahan otentik yang sudah disiapkan pemilik penginapan hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s